TINGKATKAN DAYA SAING DAERAH, BENGKULU UTARA KEMBANGKAN INOVASI MASYARAKAT

Akhir tahun 2023 menjadi momentum spesial bagi Kabupaten Bengkulu Utara untuk terus membina dan mengembangkan inovasi karya putra daerah. Masuknya inovasi pelayanan publik Gardu Penangkis dalam TOP 45 Inovasi Pelayanan Publik Kementerian Pendayagunaan Apartur Negara dan Reformasi Birokrasi menjadi salah satu model inovasi yang akan terus dikembangkan dengan menyasar isu strategis lainnya. Hal ini sebagaimana dikemukakan oleh Kepala Bappelitbangda Bengkulu Utara Dr. M. Dodi Hardinata, S.Sos., M.Si di ruang Pola Setdakab Bengkulu Utara setelah pelaksanaan seminar pengukuran dampak inovasi.

Selain membina dan mengembangkan inovasi organisasi perangkat daerah, tidak kalah pentingnya adalah melakukan pembinaan inovasi yang digagas oleh masyarakat. Beragam ide masyarakat dalam menyelesaikan isu-isu yang terjadi disekitarnya, sangat membantu pemerintah daerah dalam mempercepat penyelesaian masalah yang dialami oleh masyarakat.

Dengan inovasi masyarakat yang namapk berkembang dengan pesat adalah tumbuh dan berkembangnya jumlah UMKM di Bengkulu Utara. Pelaku UMKM adalah para inovator produk. Dengan inovasi mereka mampu mendapatkan penghasilan untuk membiayai kebutuhan rumah tangga, serta mengembangkan kualitas produk yang dihasilkan. Sebagaimana Linda Fitri Kepala Bidang Penelitian dan Pengembangan menjelaskan, variasi produk inovasi masyarakat sudah berkembang di berbagai bidang dalam kurun tiga tahun ini. Mulai dari kuliner yang mengusung tema penangan stunting seperti Sanck Lamokan, Mie Pari, es cream ikan nila. Ada juga pengolahan ubi menjadi mocaf dan produk turunannya. Begitu juga dengan pengolahan sampah rumah tangga menjadi produk ecoenzyme, kursi tunggul plastik dan pemanfaatan teknologi informatika dalam smart farming maupun pembelajaran matematika. Kesemua ini menambah khasanah inovasi yang ada di Kabupaten Bengkulu Utara.

Inovator Daerah Tahun 2023

Jika melihat data indeks inovasi daerah tahun 2020-2022 Kabupaten Bnegkulu Utara masuk dalam kategori inovatif dengan nilai indeks yang mengalai trend peningkatan begitu juga dengan indeks daya saing daerah yang mengalami perbaikan. (rd)