Untuk membudayakan inovasi dikalangan dinas instansi dan masyarakat, Pemerintah Daerah Kabupaten Bengkulu Utara pada tahun 2021 menyelenggarakan Lomba Inovasi dan Teknologi Daerah. Lomba inovasi pada kelompok dinas/instansi dilakukan melalui pengukuran Indeks Inovasi Daerah yang kegiatannya telah dilaksanakan mulai Bulan  Juli  2021 melalui aplikasi pengukuran Indeks Inovasi Daerah yang diselenggarakan oleh Kementerian Dalam Negeri, dan saat ini masih menunggu finalisasi keputusan dari Kementerian Dalam Negeri apakah Kabupaten Bengkulu Utara masuk kategori sangat inovatif, inovatif atau kurang inovatif.  Semoga daerah Kabupaten Bengkulu Utara masih dapat mempertahankan predikat sebagai daerah sangat inovatif seperti tahun lalu.

Sedangkan lomba inovasi dan teknologi untuk masyarakat umum dilaksanakan secara off air melalui kolaborasi antara Bappelitbangda, Dinas Koperasi dan UMKM serta Asosiasi UMKM Bengkulu Utara. Pada tahun ini peserta lomba yang berasal dari kalangan masyarakat khususnya masyarakat yang memiliki usaha mikro kecil dan menengah. Mengapa segmen ini yang diangkat?

Seperti diketahui dengan adanya pandemi COVID -19 yang melanda Indonesia dan daerah  Kabupaten Bengkulu Utara khususnya, menyebabkan perekonomian negara mengalami perlambatan sehingga banyak usaha-usaha yang mengalami kerugian hingga usaha yang terhenti beroperasi karena adanya pembatasan kegiatan di berbagai sektor usaha sehingga hampir menimbulkan krisis ekonomi. Di tengah situasi seperti ini, ternyata masyarakat pelaku usaha mikro kecil mampu bertahan dengan mengandalkan kreatifitas yang dimiliki serta berinovasi dalam menjalankan usahanya. Sehingga perekonomian daerha Kabupaten Begkulu Utara khususnya dapat terus berputar. Melalui lomba inovasi dan teknologi ini, Pemerintah Daerah kabupaten Bengkulu Utara memberikan apresisasi kepada para pelaku UMKM untuk menghargai kreatifitas dan inovasi yang berhasil mereka laksanakan. Lomba inovasi ini juga menjaring inovasi-inovasi karya individu yang memiliki potensi untuk dikembangkan sehingga menjadi inovasi tingkat kabupaten bahkan tingkat nasional.

Lomba Inovasi dan Teknologi Daerah Kabupaten Bengkulu Utara untuk kalangan pelaku UMKM akan dilaksanakan pada tanggal 15 Desember 2021 bertempat dihalaman Kantor Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Bengkulu Utara. Dalam penyelenggaraan ini, juga dibangun kolaborasi dengan pihak-pihak yang mendukung pengembangan UMKM Bengkulu Utara, seperti pihak perbankan, Perguruan Tinggi dan perusahaan perkebunan yang ada di Kabupaten Bengkulu Utara. Adapun peserta lomba boleh perorangan maupun kelompok dengan menyertakan profil inovasi dan teknologi produk yang dihasilkan. Produk-produk yang akan dilombakan akan dinilai oleh Tim Juri independen yang berasal dari Perguruan Tinggi. Dalam lomba ini, tentunya disediakan hadiah bagi para pemenang yang nantinya dapat digunakan untuk menambah modal usaha, disamping itu hal yang berharga lain yang diperoleh dari lomba ini adalah peserta lomba dapat menerima masukan dari pihak-pihak yang berkompeten dan dapat membuka peluang pasar produk. Selamat mengikuti lomba..sukses untuk semua….